Penuh wawasan, siswa SMP Amanah berkunjung ke BATAN, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Keprajuritan



Widya wisata SMP Amanah dilaksanakan hari Rabu tanggal 4 Maret 2015 yang memiliki agenda ke Badan Tenaga Atom Nuklir Nasional (BATAN), Museum Listrik dan Energi baru, serta Museum Keprajuritan. Kunjungan Widya Wisata kali ini terasa kental dengan pengetahuan karena ketiga tempat tersebut memiliki konteks yang kuat dengan kebutuhan saat ini yaitu energi dan kebangsaan.

Para guru dan siswa telah bersama mempersiapkan perjalanan belajar sambil berwisata ini dengan baik. Para siswa antusias melihat bagaimana energi atom nuklir dapat bermanfaat bagi kehidupan dan beragamnya variasi sumber energi baru yang dapat diperoleh dengan mudah dan murah, tentunya memerlukan kreativitas dan ketekunan tinggi untuk menciptakannya. Sepanjang kunjungan Siswa mengisi Lembar Kerja Siswa dengan aktif sehingga dapat lebih mendalami obyek yang ditelitinya. sebagai hiburan kreatif, siswa dan guru juga menyaksikan dan merasakan theatre 4 Dimensi selepas dari Museum Listrik dan Energi Baru.

Ternyata bukan hanya energi baru yang menarik diperhatikan, tetapi rasa kebangsaan juga mampu diperdalam dengan melewati jembatan gantung dan masuk ke dalam benteng museum keprajuritan. Siswa melihat patung atau sculpture asli wujud pahlawan Indonesia yang tersebar merata di seluruh museum keprajuritan. Siswa yang sebelumnya terbiasa hanya melihat gambar, saat kunjungan akhirnya dapat melihat langsung bagaimana sosok sebenarnya pahlawan pejuang bangsa dan negara Indonesia lengkap dengan catatan sejarah singkat pahlawan tersebut dibagian bawah patung.